Underground lebih dekat dengan jenis musik metal adalah musik kebebasan berkarya membuat lagu. pada awalnya banyak orang yg belum mengetahui apa musik underground dan hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahuinya. namun seiring dengan perkembangan jaman sekarang sudah banyak yang mengetahui apa musik underground (metal) itu. sekarang tidak sedikit orang yang menyukainya apalagi anak jaman sekarang sudah banyak mengetahui seperti apa musik metal itu dan band apa yang beraliran metal. banyak jenis-jenis musik metal yaitu brutal death metal, metalcore, hardcore, thrash metal, black metal, death metal, NUmetal, grindcore, Progressive metal, heavy metal, dll.

akhir era 80-an, di seluruh dunia waktu itu anak-anak muda sedang mengalami demam musik thrash metal. Sebuah perkembangan style musik metal yang lebih ekstrem lagi dibandingkan heavy metal. Band- band yang menjadi gods-nya antara lain Slayer, Metallica, Exodus, Megadeth, Kreator, Sodom, Anthrax hingga Sepultura. Kebanyakan kota- kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Malang hingga Bali, scene undergroundnya pertama kali lahir dari genre musik ekstrem tersebut.

mulai tahun 90-an mulai banyak terbentuk scene underground di Indonesia. di jakarta sendiri scene metal secara masif berpusat di Blok M. sebagian anak-anak metal sering terlihat nongkrong di lantai 6 game center Blok M Plaza dan di sebuah resto waralaba terkenal di sana. aktifitas mereka selain hang out adalah bertukar informasi tentang band-band lokal dan internasional, barter CD, jual-beli t-shirt metal hingga merencanakan pengorganisiran konser. Sebagian lagi yang lainnya memilih hang out di basement Blok Mall yang kebetulan letaknya berada di bawah tanah dan termasuk saya nongkrong ditempat tersebut. sampai saat ini pun tempat tersebut masih menjadi tempat kumpulnya anak-anak metal.

berkonsernya dua supergrup metal internasional di Indonesia, Sepultura (1992) dan Metallica (1993) memberi kontribusi cukup besar bagi perkembangan band-band metal sejenis di Indonesia. sampai saat inilah banyak band-band metal luar negeri yang konser di indonesia seperti kreator, decide, napalm death, dragonforce, sodom, sufocation, the black dahlia murder, avenged sevenfold, hellowen, bledding through, caliban, walls of  jericho, as i lay dying, lamb of god, arch enemy dan masih banyak lagi yang lainnya.