Belanda sangat layak dijagokan menjadi juara Piala Dunia 2010 setelah melewati sejumlah laga pemanasan yang mengesankan. Tim ”Oranye” bukan hanya mampu menang, melainkan juga konsisten dan tampil semakin padu.

Konsistensi permainan pasukan Bert van Marwijk ini kembali terbukti saat menggilas Hongaria 6-1 pada laga pemanasan di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu (5/6). Belanda ”mengamuk” setelah tertinggal 1-0 melalui gol pemain tengah Hongaria, Balazs Dzsudzsak, pada menit ke-6.

Gol balasan diciptakan oleh Robin van Persie menit ke-21 yang diikuti oleh gol Wesley Sneijder, Arjen Robben menyumbang dua gol, Mark van Bommel, dan Eljero Elija.

Kemenangan besar ini melengkapi kemenangan 4-1 atas Ghana pada minggu lalu. Tim Oranye sebelumnya memukul Meksiko 2-1 dan Amerika Serikat 2-1.

Marwijk menurunkan pemain inti saat uji coba terakhir melawan Hongaria. Lini depan dipercayakan kepada Van Persie sebagai penyerang tengah. Kuyt dipasang di sayap kanan dan menghidupkan serangan melalui tusukan-tusukan cepat dan umpan akurat.

Posisinya digantikan oleh Robben pada babak kedua untuk menguji kemampuan fisiknya setelah cedera ringan. Gelandang klub Bayern Muenchen ini mampu membangun serangan-serangan cepat dan tusukan ke jantung pertahanan dari sektor sayap kanan, atraksi yang enak ditonton.

Hanya bermain 40 menit, Robben terpaksa ditarik ke luar lapangan pada menit ke-85 karena cederanya kambuh. Ia merasakan sakit di kaki kiri dan berjalan pincang setelah melakukan gerakan menendang bola ke belakang menggunakan tumit kiri sambil berlari menggiring bola.

sumber : http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/06/03060554/belanda.menang.robben.cedera.